13 CSO Deklarasikan Aliansi untuk Transparansi Anggaran Papua (ATAP)

Desember 14, 2012

JAYAPURA — Sebanyak 13 Civil Siciety Organization(CSO) di Papua mengikuti Workshop Bangun Koalisi CSO di Provinsi Papua dan sepakat mendeklarasikan Aliansi untuk Transparansi Anggaran Papua atau ATAP.  Aliansi ini akan lebih fokus kepada pengawasan dan advokasi terhadap pemanfaatan anggaran publik terutama menyangkut pendidikan, kesehatan dan infrastruktur di Provinsi Papua.

Kegiatan ini difasilitasi PATTIRO (Pusat Telaah dan Informasi Regional) dan mendapat dukungan dari Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIDP), berlangsung di  Kolam Pemancingan Purnama, Kampung Yoka Sentani, Rabu (5/12) telah berhasil susunan pengurus dengan memilih Hans Paiki sebagai Ketua ATAP dan Badan Pengurus yang diketuai oleh Sudjarwo mantan Wakil Walikota Jayapura.

Hans Paiki dalam keterangannya kepada tabloidjubi.com mengatakan akan menyusun rencana tindak lanjut(RTL) agar bisa melaksanakan tugas pada awal Januari 2013. “Saya kira tugas ini sangat mulia dan penting untuk mengawas dan melakukan advokasi terhadap pemanfaatan anggaran yang transparan,” kata Paiki yang juga sebagai Direktur Papua Corruption Watch (PCW).

Dia berharap agar semua anggota partsipan yang telah membentuk ATAP dapat saling mendukung dalam menyuseskan program kerja yang akan disusun sesuai visi dan misi lembaga ini.

Sementara itu Clift Ohee yang mewakili AIDP mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan kesepakatan bersama dalam jaringan, sosialisasikan keberadaan CSO kepada stake holders, memperkuat jaringan CSO untuk dapat berperan aktif dalam proses perencanaan pembangunan, penganggaran, dan pengawasan penggunaan anggaran publik, dan terbentuknya jaringan.

“Saya berharap jaringan yang telah terbentuk Aliansi untuk Transparansi Anggaran Papua(ATAP) ini dapat mendorong agar ke depan transparansi anggaran publik Papua bisa lebih terbuka dan lebih baik lagi,”katanya. Dia juga mengucapkan selamat atas Hans yang bersedia untuk menjalankan tugas sebagai Ketua ATAP. (Jubi/Dominggus A Mampioper). Sumber: http://tabloidjubi.com/?p=5439

CSO yang menjadi unsur inti dari ATAP adalah:

- Foker LSM
- Ilalang
- Kipra Papua
- IPPM
- Equator
- PKBI Papua
- KPA
- VOX Papua
- YADUPA
- AJI Kota Jayapura
- Papua Corruption Watch
- Gencar
- PKBM

Susunan Pengurus ATAP (tahun pertama):
Dewan Musyawarah:
Sujarwo Z (KPA)
Victor Mambor (AJI)
Lien (PKBM)
Sadaruddin (Foker LSM)
Yuliana (SKPKC)
Kordinator: Hans Paiki (PCW)
Adminkeu: Melan
Divisi Data dan Informasi: Ronald manufandu (YAdupa)
Divisi Advokasi Anggaran: Chornelius (VOX Papua)
Divisi Publikasi dan Dokumentasi: Dominggus Mampioper (AJI)

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

{ 3 comments }

Agus Wibowo Desember 14, 2012 pukul 3:21 am

Masyarakat sipil kuat dan aktif, Papua jaya.

Desy AGustan Desember 14, 2012 pukul 3:25 am

Congrat and proviciat buat kawan2 Papua Corruption Watch yang sudah pimpin ATAP. Thanks to PATTTIRO yg sdh fasilitasi ini.

widi heriyanto Desember 14, 2012 pukul 1:52 pm

Selamat terus berjuang, untuk masyarakat Papua yang lebih berdaya, untuk pelayanan publik yang lebih baik

Comments on this entry are closed.