Keluhan PDAM Cukup Lewat SMS dan Internet

Mei 10, 2013

Bagi warga Kota Malang kini semakin mudah menyampaikan keluhan terhadap pelayanan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM). Sebab, perusahaan milik Pemkot Malang ini telah menyediakan nomor khusus dan website khusus bagi pelanggannya.

Setiap komplain cukup mengirim SMS ke nomor 0813031440. Atau bisa juga membuka situs internet www.malang.smsair.co. Untuk pengadaan layanan ini, PDAM mendapat dana bantuan dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) sebesar 1,3 juta US dollar dan dikerjakan oleh Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) Malang.

“Sistem ini sudah mulai dirintis sejak tiga tahun lalu,” ungkap Direktur PATTIRO Malang, Adi Khisbulwaton, Rabu 8 Mei 2013, di Balai Kota Malang.

Saat peragaan di Balai Kota, SMS yang dikirim pelanggan akan otomatis tertulis di website tersebut. Posisi pengirim juga bisa langsung terdeteksi melalui google maps. Dengan posisi ini petugas PDAM akan dengan mudah mencapai lokasi pelanggan tersebut.

Adi menjelaskan, untuk mengerjakan layanan ini PATTIRO mendapat bantuan tenaga ahli dari tiga lembaga teknologi informasi. Layanan ini ke depan bisa digunakan oleh instansi lain yang bersentuhan dengan pelayanan publik.

“Layanan ini bisa digunakan isntansi lain. Ke depan kami akan kembangkan itu,” katanya. Layanan SMS dengan cepat mendapat tanggapan.

Program Manajemen Spesialis USAID, Roma Manurung mengatakan, layanan ini sudah diaplikasikan di Makassar. USAID berharap dengan layanan ini masyarakat bisa mendapatkan layanan air bersih secara masksimal melalui sistem informasi. Layanan ini juga bersifat terbuka dan bukan hanya pelanggan saja.

“Siapa saja yang peduli layanan air bersih bisa menggunakan layanan ini. Mungkin dari kalangan akademisi, maupun himpunan penduduk pengguna air minum (HIPPAM),” ujarnya. (dikutip dari surabaya.tribunnews.com klik disini)

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.