Kelompok Warga Dampingan PATTIRO melakukan Aksi Permintaan Informasi kepada Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan, Kabupaten Dompu, NTB

Juni 18, 2013

dompu-1aSenin (07/6/2013) community center (CC) atau kelompok warga Kabupaten Dompu NTB mengajukan permohonan informasi ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
Permohonan informasi ke Dinas Dikpora diajukan dengan mengatasnamakan Dodi Herdiana. Permohonan informasi yang disampaikan dengan surat bernomor 0124.eks.A.1.Dompu.VI.2013 itu untuk meminta data tentang daftar penerima beasiswa untuk siswa miskin. Surat ditujukan kepada kepala dinas, dimasukkan pukul 9.30 WITA, dan keluar disposisi dari kepala dinas pada pukul 10.30 WITA. Disposisi dari Kepala Dinas H Ichtiar SH dengan nomor 1024 tersebut ditujukan kepada Kepala Bagian Program. Pemohon kemudian membawa disposisi kepada bagian dimaksud.
dompu2ac
Terhadap disposisi tersebut, Kepala Bagian Program merespons dengan menyatakan bahwa informasi yang diminta tidak dikuasai oleh bagiannya. Kepala Bagian Program menyarankan pemohon untuk meminta informasi dimaksud langsung kepada Kepala Bagian Pendidikan Dasar H Ilyas. Kabag Pendidikan Dasar kemudian menyarankan pemohon untuk menghubungi staf bernama Emi, sebab yang bersangkutan yang menyimpan dokumen beasiswa miskin. Emi kemudian memberikan dokumen daftar penerima beasiswa miskin untuk tahun 2012.

Sedangkan permohonan ke Dinas Dukcapil disampaikan atas nama Evi, meminta informasi tentang SOP penerbitan dokumen kependudukan dan catatan sipil berupa akte kelahiran, Kartu Keluarga, dan KTP. Surat permohonan ditujukan kepada kepala dinas. Namun pada saat itu kepala dinas sedang berhalangan ke kantor karena alasan kesehatan. Pemohon dkk disambut oleh Sekretaris Dinas Muhrin. Dalam pertemuan tersebut Muhrin menjelaskan, menurutnya palayanan yang sudah diberikan sudah cukup baik. Namun demikian dia juga mengakui bahwa PPID di dinasnya belum memiliki anggaran dan fasilitas sendiri mengganggu pelayanan informasi publik.

Laporan Eka Fitriani (echa_fitriani86@yahoo.co.id)
Fasilitator Penguatan Masyarakat Program CATI Kabupaten Dompu
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.