Laporan Alternatif EKOSOB – Pendidikan Kesehatan Pangan

ekosob1Beberapa waktu lalu, kami mengundang berbagai kalangan masyarakat untuk mengikuti call for paper bertema “Tiga Tahun Pasca Ratifikasi Kovenan Internasional tentang Hak Ekosob (2006-2008): Situasi Pemenuhan dan Agenda Mainstreaming Ekosob dalam Sistem Pembangunan di Indonesia”. Kegiatan ini bersifat pengayaan (enrichment) atas kegiatan kami sebelumnya, yakni riset hak atas pendidikan dan hak atas kesehatan yang merupakan bagian dari program “Peningkatan Kapasitas Warga Negara, Anggota Legislatif dan Eksekutif Daerah untuk Implementasi Hak-hak Ekosob”. Program ini dilaksanakan PATTIRO selama periode 2007-2011, bekerja sama dengan NZAID.

Ada lima jenis hak ekosob (ekonomi, sosial dan budaya) yang kami tawarkan menjadi tema tulisan, yakni: hak atas pendidikan, hak atas kesehatan, hak atas pekerjaan, hak atas lingkungan dan hak atas pangan. Organisasi yang kami undang untuk berpartisipasi, yakni LSM, perguruan tinggi, lembaga penelitian, pers dan organisasi massa. Sedangkan dari perorangan yang diundang adalah: praktisi, aktivis atau pengamat masalah-masalah HAM, ekonomi, sosial dan budaya di Indonesia. Dari kegiatan ini, kami mengharapkan tulisan makalah yang memberi gambaran rasional mengenai potret pemenuhan hak ekosob di Indonesia dan sistem/kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah untuk pemenuhan hak-hak tadi.

Dari seluruh kandidat (59 lembaga) yang mengirimkan concept note, akhirnya terpilih tiga kandidat untuk pemakalah hak atas pangan, hak atas kesehatan dan hak atas lingkungan. Namun, sampai tahap terakhir, hanya ada dua pemakalah yang kami nilai berhasil menyelesaikan tulisannya sesuai standard panitia, yakni Tri Lindawati dari CAPS UGM yang menulis mengenai hak atas pangan dan Hasrul Hanif (bersama Dati Fatimah) dari Jurusan Ilmu Pemerintahan Fisip UGM yang menulis hak atas kesehatan. Selanjutnya, karena tidak ada kandidat yang terpilih untuk menulis pelaporan hak atas pendidikan, maka kami mengundang salah satu penulis
untuk menuliskannya, yakni Markus Christian dari BIGS Bandung (bersama Ilham Cendekia Srimarga).

Seperti kami sampaikan di awal, mengiringi pelaporan dan penerbitan laporan riset hak atas pendidikan dan hak atas kesehatan berikut ini kami persembahkan juga buku laporan “Situasi Pemenuhan dan Agenda Mainstreaming Ekosob dalam Sistem Pembangunan di Indonesia”. Buku laporan ini memuat tulisan tentang hak atas pangan, hak atas kesehatan, dan hak atas pendidikan.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga buku laporan ini hadir. Terkhusus kepada penulisnya. Semoga bermanfaat.

Jakarta, Desember 2010
Ilham Cendekia Srimarga
Direktur Eksekutif PATTIRO

Publikasi

Publikasi Lainnya

Newsletter

Scroll to Top
Skip to content