Laporan Tahunan PATTIRO Tahun 2012

September 1, 2013

Laporan Tahunan 2012Berbagai pekerjaan pada tahun 2012 yang tercakup dalam tiga fokus area yaitu pelayanan publik, kebijakan publik, dan pengelolaan anggaran publik, PATTIRO jalankan dengan sangat baik. Pada tahun tersebut, PATTIRO berusaha memperbaiki kualitas pelayanan publik yang pemerintah sediakan untuk masyarakat, memperbaiki tata kelola pemerintahan, serta memastikan terciptanya keadilan sosial dengan cara yang lebih modern, efektif, dan tepat sasaran. Kerja keras PATTIRO di tahun 2012 membuahkan hasil dan pencapaian yang menggembirakan.

Di fokus area pelayanan publik, Program SMS Air yang PATTIRO jalankan, pada tahun 2012 telah mencapai proses pengumpulan data dan informasi mengenai kebutuhan masyarakat dan penyedia jasa layanan pengelolaan air. Saat ini, PATTIRO tengah berupaya agar pada awal semester kedua tahun 2013, situs SMS Air dapat mulai diterapkan sebagai salah satu proyek percontohan di dua kota besar di Indonesia yaitu Kota Makasar, Sulawesi Selatan dan Kota Malang, Jawa Timur.

Di fokus area kebijakan publik, pada tahun yang sama, PATTIRO selesai mengimplementasikan Program Penguatan Integritas dan Akuntabilitas tahap 2 (SIAP-2) yang menghasilkan berbagai rekomendasi kepada pemerintah. PATTIRO membuat rekomendasi-rekomendasi tersebut berdasarkan hasil temuan di lapangan selama program dilaksanakan. Rekomendasi tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki pelaksanaan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat di masa mendatang. Selain menghasilkan rekomendasi, PATTIRO juga menerbitkan buku berjudul “Audit Sosial Multi Stakeholder” yang bisa siapapun gunakan dalam melakukan audit terhadap pelaksanaan program bantuan sosial yang pemerintah selenggarakan.

Masih di fokus area yang sama, Program Akselerasi Implementasi Anggaran Responsif Gender (ARG) yang PATTIRO laksanakan pun memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Petunjuk pelaksanaan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) yang PATTIRO buat juga mulai diberlakukan di empat kementerian/lembaga sebagai panduan dalam menyusun anggaran yang lebih responsif gender.

Dalam hal keterbukaan informasi, pada tahun 2012, PATTIRO melaksanakan Program Akses Masyarakat terhadap Informasi (CATI) dan Program Penguatan Organisasi Masyarakat Sipil sebagai mitra pelaksana dari Kemitraan Australia Indonesia untuk Desentralisasi (AIPD) di lima provinsi yang hasilnya pun tidak kalah menggembirakan. Dalam Program CATI, PATTIRO berhasil mendorong pemerintah untuk memilih sejumlah pejabat negara untuk menempati posisi Komisioner Informasi (KI) Daerah dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di beberapa daerah di wilayah kerja AIPD.  Sedangkan dari sisi masyarakat, di beberapa daerah pelaksanaan Pogram CATI, dalam rangka meningkatan kemampuan masyarakat  dalam mengakses informasi serta membangun mekanisme dialog secara reguler antara masyarakat dan badan publik, PATTIRO sudah berhasil memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan, serta memfasilitasi masyarakat dalam mengakses informasi dari badan publik. Dalam pelaksanaan Program Penguatan Organisasi Masyarakat Sipil, PATTIRO berhasil melakukan survei dasar dan pemetaan untuk mengetahui kemampuan dan kapasitas dari masing-masing organisasi. Dalam program tersebut pula, PATTIRO membentuk sebuah jaringan yang terdiri dari organisasi-organisasi tersebut.

Di fokus area ketiga, yaitu pengelolaan anggaran publik, pada tahun 2012, PATTIRO memberikan berbgai pengetahuan mengenai pengelolaan anggaran publik kepada berbagai organisasi masyarakat sipil melalui pelatihan perencanaan dan penganggaran daerah, pelatihan pengawasan penggunaan anggaran publik, dan pendampingan kepada organisasi tersebut dalam melakukan analisis Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan advokasi anggaran. Sejumlah pencapaian dari pelaksanaan program tersebut menunjukkan bahwa PATTIRO masih mampu dan diterima di kalangan mitra.

Seluruh pelaksanaan program dan pencapaiannya, serta pelaksanaan kegiatan lainnya yang PATTIRO kerjakan sepanjang tahun 2012 tersusun dalam sebuah laporan tahunan. Kami berharap, laporan tahunan PATTIRO tahun 2012 ini mampu memberikan penjelasan terperinci kepada publik dan seluruh mitra serta jaringan PATTIRO, termasuk donor.

Laporan Tahunan PATTIRO Tahun 2012 secara lengkap dalam format .pdf dapat diunduh pada tautan di bawah ini.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.