PROGRAM DIRECTOR – PROGRAM AIPD SUPPORT TO CSO

Oktober 10, 2013

Pendahuluan

The Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD) adalah program dukungan dari pemerintah Australia kepada pemerintah Indonesia dalam rangka penguatan dan pengefektifan otonomi daerah untuk perbaikan pelayanan public di 5 provinsi dan 20 Kabupaten di Indonesia. Dukungan yang diberikan berupa peningkatan kapasitas dan pendampingan secara teknis baik untuk pemerintah, DPRD, Media dan CSO. Fokus dari peningkatan kapasitas dan pendampingan yang diberikan adalah pengelolaan sumber daya keuangan daerah untuk pelayanan public yang lebih baik. Dengan adanya peningkatan kapasitas dan pendampingan ini diharapkan pemerintah dapat mengelola, mengalokasikan dengan tepat sesuai dengan prioritas perencanaan dan anggaran yang tersedia.

Pada lingkup pendampingan kepada masyarakat sipil, AIPD bekerja sama dengan PATTIRO (Pusat Telaah dan Informasi Regional) sebagai implementing partner melalui Program “Dukungan AIPD terhadap penguatan kapasitas dan pendampingan organisasi masyarakat sipil dalam perencanaan, penganggaran dan pengawasan penggunaan anggaran publik (Program AIPD Support to CSO). Program ini dilaksanakan sejak Mei 2012 s.d. Mei 2013.

Pelaksanaan program ini akan berkontribusi pada pencapaian tujuan melalui: (1) Peningkatan partisipasi dan representasi masyarakat terhadap perencanaan, penganggaran dan pengawasan pengelolaan anggaran public; dan (2) Meningkatnya pemahaman masyarakat tentang proses perencanaan dan penganggaran serta pengenalan terhadap berbagai metode monitoring terhadap pelayanan public, dan (3) meningkatkan posisi tawar masyarakat dalam menentukan prioritas dan alokasi anggaran untuk pelayanan publik.

Posisi

Nama Jabatan                  :    Program Director

Jangka Waktu Kontrak :     1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang

Lokasi Kerja                      :    Jakarta

Program Director bertanggung jawab kepada Direktur Eksekutif PATTIRO dalam hal:

  1. Menjaga arah program secara keseluruhan sampai dengan tingkat provinsi.
  2. Merumuskan strategi program mengenai penguatan partisipasi masyarakat yang khas untuk setiap daerah program khususnya di wilayah Papua dan Papua Barat.
  3. Merumuskan rekomendasi dan melakukan advokasi ke Kementerian / Lembaga terkait
  4. Menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan mitra pembangunan /donor.
  5. Merencanakan dan melaksanakan langkah pengembangan program berdasarkan masukan dari dinamika lapangan, capaian program maupun pembelajaran program.
  6. Membangun sinergi dengan program lain didalam organisasi untuk mencapai akuntabilitas dan memberikan konribusi terhadap pencapaian visi dan misi PATTIRO
  7. Menjaga fokus orientasi staf dan melaksanakan tugas supervisi substansial
  8. Melaksanakan tugas pengawasan (supervisi) terhadap kinerja Program Manager dan para Specialists

Kualifikasi Program Director

  1. Pendidikan: minimal Sarjana (S1) atau sederajat
  2. Pengalaman bekerja minimal 8 tahun di bidang pengelolaan program yang berkaitan dengan tata kelola pemerintahan.
  3. Memiliki kemampuan lisan dan tulisan yang baik dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
  4. Memiliki pemahaman tentang reformasi tata kelola pemerintahan, desentralisasi / penyelenggaraan pemerintahan daerah,
  5. Memiliki pengalaman dan pemahaman terkait dengan peran strategis masyarakat sipil, khususnya CSO dalam penyelenggaraan pembangunan di daerah –mulai dari perencanaan, implementasi sampai dengan evaluasi dan  pertanggungjawaban.
  6. Memiliki kemampuan dalam menyusun strategi pencapaian program.
  7. Memiliki jaringan kerjasama yang baik dengan badan publik di tingkat pusat maupun daerah khususnya kementerian / lembaga yang terkait dengan program AIPD support to CSO.
  8. Memiliki jaringan kerjasama yang baik dengan mitra pembangunan/donor.
  9. Mampu memimpin dan mengarahkan seluruh tim program untuk pencapaian program.

Output yang diharapkan

  1. Strategi Implementasi Program secara generik dan strategi implementasi khusus sesuai dengan situasi dan kondisi daerah, khususnya kapasitas Jaringan CSO serta keterbukaan pemda terhadap partisipasi masyrakat sipil di dalam perencanaan dan penganggaran daerah.
  2. Laporan berkala program yang dikerjakan bersama ME Specialist
  3. Konsep pengembangan program yang dibuat berdasarkan progress, dinamika, capaian dan praktek-praktek baik program.
  4. Konsep usulan kebijakan nasional yang dikembangkan dari temuan dan dinamika program di daerah.

Pengawasan dan Evaluasi Kinerja

  1. Untuk pertanggungjawaban tersebut, Program Director wajib menyampaikan laporan berkala kepada Direktur Eksekutif setiap 1 (satu) bulan.
  2. Direktur Eksekutif akan melakukan evaluasi kinerja Program Director setiap 6 (enam) bulan untuk menilai capaian atas output yang diharapkan, kendala dan langkah tindak lanjut yang perlu dilakukan.

Penyampaian Lamaran

Surat lamaran, CV dan Applicant Form, dikirimkan kepada HRD&OFFICE MANAGER PATTIRO melalui email ke info@pattiro.org , atau ke alamat kantor: PATTIRO, Jl. Intan No. 81, Cilandak Barat, Jakarta Selatan 12430. 

Subject email atau dibagian kiri atas amplop ditulis PROGRAM DIRECTOR – CSO. Lamaran dikirim paling lambat tanggal 18 Oktober 2013 (cap pos).

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.