Kertas Kerja APBD Kesehatan Kabupaten Manokwari, Papua Barat

Januari 29, 2014

Salah satu isu kesehatan yang wajib mendapjangkarat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Manokwari;  adalah promosi layanan kesehatan gratis, khususnya JAMPERSAL dan Layanan untuk penderita penyakit menular di Kabupaten Manokwari.

Link Download Kertas Kerja APBD kesehatan Kabupaten Manokwari  via google drive klik di sini

Trend total pendapatan daerah Kabupaten Manokwari menunjukkan pertumbuhan yang fluktuatif. Dana perimbangan merupakan pos penyumbang terbesar terhadap total pendaatan daerah tersebut di atas; di mana, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir (2011 – 2013), kontribusinya mencapai lebih dari 80,0%, setiap tahun. Kondisi ini mengindikasikan masih tingginya tingkat ketergantungan Pemerintah Kabupaten Manokwari terhadap Pemerintah Pusat, dalam segi pembiayaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan.

Adapun tujuan penyusunan Kertas Posisi (Position Paper) ini, antara lain:

a. Memberikan masukan dan usulan kepada pemerintah daerah Kabupaten Manokwari melalui  lembar posisi terkait posisi program dan atau kegiatan yang perlu mendapat perhatian dan intervensi anggaran secara proporsional dalam upaya meningkatkan akses, mutu, dan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Manokwari; khususnya, kesehatan ibu dan anak serta  penyakit menular.

b. Memberikan masukan dan usulan rencana program, sebagai alternatif penyelesaian  permasalahan/ isu strategis yang terkait dengan rendahnya derajat kesehatan penduduk Kabupaten Manokwari.

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.