Rencana Aksi OGP 2014-2015 versi CSO

Januari 28, 2014

Untuk menyiapkan Rencana Aksi OGP 2014-2015, CSO Tim Inti OGI menjaring input melalui berbagai cara dan kegiatan untuk memperkaya dan mempertajam usulan yang tepat dan dapat memanfaatkan gerakan OGP untuk memanfaatkan kepentingan nasional. Proses dimulai dengan diskusi dengan aktor-aktor kunci gerakan transparansi di Indonesia dan dengan koalisi FOINI (Freedom of Information Network Indonesia) di mana seluruh CSO Tim Inti juga merupakan anggota koalisi tersebut.

Draft Final Usulan CSO untuk RenAksi OGP 2014-2015

Akhir dari proses tersebut adalah dokumen terlampir di mana disepakati untuk menggalang dari enam kelompok usulan, yakni: Keterbukaan Parlemen, Transparansi Anggaran, Keterbukaan Informasi, Pelayanan Publik, Anti Korupsi serta SDA & Lingkungan di mana industri ekstraktif termasuk di dalamnya.

Pada tanggal 23-26 adalah kesempatan untuk final peer review untuk memberi masukan kepada draft usulan ini dan pada tanggal 27 akan diberikan pada Bappenas secara resmi untuk kemudian dibahas pada tanggal 5 Februari 2015 di Bappenas sebagai pembahasan draft awal (Pleno). Pada pleno tersebut akan diundang seluruh stakeholder terkait dengan target peserta: CSO, BUMN, Sektor Swasta, Universitas, Perwakilan Youth, dan donor.

Pada tahap selanjutnya, akan diadakan diskusi untuk pematangan berdasarkan tema (tematik) di tanggal 7 Februari atau 11 Februari 2014 (tbc) untuk kemudian ditajamkan pada area negosiasi dengan Kementrian/Lembaga terkait pada tanggal 20 Februari 2014 di UKP4.

Rencana Aksi OGP 2014-2015 final diharapkan akan bisa diakses pada akhir Februari.

Untuk segala perubahan dalam proses, informasi akan disebarkan melalui www.kebebasaninformasi.org  dan situs masing-masing anggota Tim Inti CSO OGP (PATTIRO, TI Indonesia, SekNas FITRA, ICEL, JARI KalTeng, GerAk Aceh, KOPEL Makassar)

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.