Modul Pelatihan Pengawasan APBD bagi CSO

Pebruari 19, 2014

modul-apbdModul ini ditulis untuk mendukung kegiatan pelatihan advokasi anggaran yang dilakukan oleh CSO di lima provinsi dan 20 kabupaten yang menjadi wilayah program AIPD.

Penulis:

Fitria Muslih
Rohidin Sudarno
Abdul Waidl
Alif Basuki
Cristian Markus

Materi modul mencakup berbagai metode pengawasan anggaran yang telah dipraktikkan oleh masyarakat sipil, baik di Indonesia maupun negara lain, berikut keberhasilan mereka mengadvokasi pengawasan anggaran. Antara lain, keberhasilan masyarakat sipil di Kabupaten Lebak dalam melakukan penelusuran anggaran (budget tracking) dan pengalaman PATTIRO memfasilitasi dan mengembangkan model pemantauan (monitoring) audit sosial multistakeholders.

Pengalaman masyarakat sipil melakukan pengawasan anggaran memberikan gambaran mengenai sistem pengawasan partisipatif yang telah dikembangkan oleh banyak pihak, termasuk organisasi masyarakat sipil yang bekerja di wilayah advokasi anggaran. Selain itu, pengalaman ini membuktikan pentingnya partisipasi dan penguatan masyarakat dalam pengawasan anggaran untuk mendorong akuntabilitas pemerintah. Modul ini juga dilengkapi contoh penggunaan budget anggaran dan analisis terhadap anggaran APBD.

Klik tautan di bawah ini untuk mengunduh modul tersebut.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.