Visi Misi Capres Belum Penuhi Harapan Rakyat

Juni 24, 2014

teRaspos - Koalisi Masyarakat Sipil dan Pemerintahan Terbuka menilai bahwa visi, misi, dan program kerja dua pasangan capres/cawapres, Prabowo-Hatta, dan Jokowi-JK masih sangat minim dan belum memenuhi harapan masyarakat.

“Dari 210 subtansi visi, misi, dan program kerja kedua capres yang dinilai, pasangan Jokowi-JK unggul atas Prabowo-Hatta dengan total nilai 140 berbanding 70,” kata Ilham Saenong dari Transparency Internasional Indonesia pada konfrensi pers bertajuk “Mengkritisi Visi-Misi Capres dan Cawapres tentang hak-hak Sipil dan Pemerintahan Terbuka “di Jakarta, Minggu (8/6).

Dia mengatakan, pasangan nomor urut 2 unggul dalam empat isu utama, yakni tata pemerintahan, demokrasi, dan kebebasan sipil, pembentukan hukum, dan penegakan hukum.

“Pasangan Prabowo-Hatta unggul tipis pada isi pelayanan dasar daripada program yang ditawarkan Jokowi-JK,” kata Ilham.

Menurut dia, pasangan capres nomor urut 1 tidak memberikan perhatian pada isu demokrasi dan kebebasan sipil, sedangkan pasangan Jokowi-JK telah menawarkan 21 agenda pada isu ini.

Ilham menilai, kedua capres nampaknya tidak memberikan perhatian signifikan terhadap isu pembentukan hukum. Hal ini nampak dari visi, misi, dan program kerja yang ditawarkan sangat minim.

Koalisi Kebebasan Sipil dan Pemerintahan Terbuka merupakan koalisi yang terdiri dari 5 LSM, yakni Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia atau PSHK, Yayasan Penguatan Partisipasi Inisiatif dan Kemitraan Masyarakat Indonesia atau YAPPIKA, Pusat Telaah dan Informasi Regional atau PATTIRO, Indonesia Parliamentary Center atau IPC, dan Transparency Internasional Indonesia atau TII. (*)

sumber : http://www.teraspos.com/berita-visi-misi-capres-belum-penuhi-harapan-rakyat.html?lang=en
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.