Hasil Survei Penilaian Masyarakat terhadap Pelayanan Dasar di Kabupaten Flores Timur

Mei 17, 2016

CRC Flores TimurBerupaya meningkatkan kapasitas jaringan organisasi masyarakat sipil di wilayah kerjanya terutama dalam memengaruhi perumusan kebijakan penganggaran untuk perbaikan pelayananan dasar seperti di sektor pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur, dengan dukungan Kemitraan Australia Indonesia untuk Desentralisasi/ The Australia Indonesia Partnership for Decentralization (AIPD), PATTIRO menjalankan Program Dukungan kepada Organisasi Masyarakat Sipil. Dalam program tersebut, PATTIRO memberikan pendampingan kepada jaringan organisasi masyarkat sipil dalam melakukan survei penilaian masyarakat terhadap pelaksanaan pelayanan dasar. Penilaian tersebut dilakukan dengan menggunakan instrumen Kartu Laporan Masyarakat/Citizen Report Card (CRC).

Survei penilaian masyarakat yang dilakukan di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur menunjukkan bahwa pelayanan dasar yang diberikan kepada masyarakat setempat masih buruk. Terkait dengan hal tersebut, PATTIRO pun menyusun beberapa rekomendasi untuk perbaikan layanan. Pertama, pemerintah kabupaten perlu memperbaiki komunikasi mereka dengan masyarakat dan meningkatkan kapasitas personil, serta mengefektifkan perencanaan serta penganggaran daerah. Kedua, pemerintah kabupaten perlu meningkatkan pengawasan terhadap kinerja para personilnya dalam memberikan layanan dasar dan membangun sistem penanganan keluhan warga. Ketiga, pemerintah kabupaten perlu mendorong inisiatif pemerintah desa untuk memperbaiki infrastruktur yang ada di wilayahnya, terutama jalan dan penyediaan air bersih.

Untuk membaca secara lengkap hasil survei penilaian masyarakat terhadap pelayanan dasar di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, silahkan unduh laporan survei yang dilaksanakan menggunakan instrumen CRC dengan mengklik tautan di bawah ini.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.