Berjuang Bersama | Pengalaman PATTIRO dalam Pendampingan dan Advokasi Kebijakan Menuju Pelayanan Publik Yang Ramah Disabilitas

Januari 6, 2017

2017.03.01.BERJUANG.BERSAMA.DISABILITAS_Page_01

Program Peduli Pilar Difabel telah mendorong  perubahan positif  bagi warga penyandang disabilitas, baik sebagai individu maupun kelompok. Sebagai individu, warga penyandang disabilitas telah memperoleh manfaat naiknya kapasitas dan penerimaan sosial terhadap mereka. Sebagai kelompok, mereka membentuk komunitas pegiat penyandang disabilitas dan giat aktif mengadvokasi kebijakan pemerintah daerah.

PATTIRO sebagai pelaksana program memandang pengalaman baik tersebut kiranya perlu didokumentasikan dalam sebuah buku. Pendokumentasian pengalaman baik kerja-kerja advokasi dari-oleh-untuk warga difabel diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi pemangku kepentingan untuk memajukan warga difabel agar  hidup layak dan terpenuhi hak-hak dasarnya.

Buku ini bercerita pengalaman PATTIRO bersama komunitas Difabel di Sorong dan Lombok Barat dalam melakukan advokasi perbaikan layanan ramah disabilitas. Diantaranya adalah bagaimana kelompok disabilitas dan keluarganya di Sorongd dan di Lombok mendapatkan kartu BPJS kesehatan yang preminya dibiayai oleh Pemda melalui APBD, serta bagaimana mereka melakukan advokasi untuk perbaikan layanan kesehatan di Puskesmas yang ramah disabilitas. Semoga buku ini dapat memberi inspirasi bagi kita semua.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.