PATTIRO Bertahan Di Peringkat 34 Dalam Think Tank Dunia

Maret 6, 2018

Flat concept of education processes based on book studying. WithThe Lauder Institute of the University of Pennsylvania, USA, merilis Global Think Tank Index Report 2017 mengenai organisasi-organisasi yang berpengaruh di dunia. Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) sebagai lembaga riset dan advokasi tetap bertahan di peringkat yang sama sebagaimana yang telah diraih pada tahun 2007, yaitu peringkat 34 untuk kategori Top Transparency and Good Governance Think Tanks dari 7.815 think tank dari seluruh dunia.
“Kami sangat bersyukur atas capaian ini, karena untuk tetap bertahan, tidaklah mudah. Kompetisi diantara lembaga think tank sangat ketat. Jika disandingkan antara laporan tahun 2018 dan tahun 2017, maka ada beberapa lembaga yang turun peringkatnya, dan ada pula lembaga yang mengalami peningkatan peringkat secara signifikan”, ujar Maya Rostanty, Direktur PATTIRO.

Indikator yang menjadi tolak ukur peringkat pada Global Top Think Tank Index antara lain, reputasi hasil penelitian, produk penelitian yang independen, kemampuan melibatkan ahli dan akademisi bereputasi, juga kemampuan mengakses serta meyakinkan pengambil keputusan dan tokoh kunci di pemerintahan untuk membangun kerja sama. Selain itu, kegunaan produk penelitian untuk kepentingan advokasi, dampak penelitian atau program yang dikerjakan bagi pengambil keputusan dan aktor pembuat kebijakan lainnya, keterlibatan publik dalam penelitian, reputasi di media massa, serta pengaruh atau dampak program yang dikerjakan kepada masyarakat luas, juga dipertimbangkan. Capaian PATTIRO dalam Global Think Tank Index menunjukkan keberhasilan PATTIRO dalam hal-hal yang dijadikan sebagai indikator tersebut.

“Capaian ini akan menjadi penyemangat kami untuk terus berkontribusi aktif dalam mempengaruhi proses penyusunan kebijakan publik di Indonesia dengan melakukan evidence-based advocacy, khususnya di tiga area yang menjadi fokus PATTIRO, yaitu transparansi, reformasi pengelolaan keuangan publik, dan akuntabilitas pelayanan publik”, tambah Maya.

Untuk mengetahui Global Go To Think Tank Index Report 2017, dapat mengunduhnya dibawah ini.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

{ 1 comment }

Depi Agung Setiawan Maret 17, 2018 pukul 10:02 pm

Selamat atas raihan peringkatnya. Meski tetap bertahan di posisi semula namun hal ini cukup menunjukan bahwa PATTIRO adalah salah satu NGO nasional yang cukup kontributif dalam membangun tata bangsa ini.

Salam transparansi,
Depi-Bandung

Comments on this entry are closed.