PATTIRO Kembali Raih Top Global Think Tank 2019

Pebruari 18, 2020

Kartu ucapan think tanks 2020Jakarta, 15 Februari 2020.

Berdasarkan “2019 Global Go To Think Tank Index Report” yang dirilis pada Januari 2020 oleh Universitas Pennsylvania, PATTIRO kembali meraih Top Transparency and Good Governance Think Tanks di urutan ke 34 dari 67 lembaga think tank dunia di isu transparansi dan tata kelola pemerintahan yang baik. Penghargaan ini secara berturut-turut telah diraih PATTIRO sejak tahun 2011.

Menanggapi penghargaan yang diraih oleh PATTIRO ini, Direktur PATTIRO, Maya Rostanty menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya atas apresiasi tahunan yang diselenggarakan oleh universitas terkemuka di dunia tersebut. “Syukur Alhamdulillah atas penghargaan ini. Karena untuk mempertahankan peringkat 40 besar ini merupakan tantangan bagi kami di tengah banyaknya lembaga think tank dunia”, ungkap Maya.

Maya mengatakan, untuk mempertahankan penghargaan ini upaya yang dilakukan oleh PATTIRO adalah mengembangkan produk pengetahuan yang berkualitas melalui berbagai penelitian dan advokasi kebijakan. “PATTIRO terus berupaya untuk mengembangkan produk pengetahuan melalui riset dan penyusunan rekomendasi kebijakan. Hasil riset dan rekomendasi kebijakan itu, kami sampaikan kepada para pemangku kepentingan baik di tingkat nasional maupun global”, ujar Maya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan PATTIRO, Syahrir Wahab mengatakan merasa bersyukur sekaligus bangga dengan penghargaan yang diterima oleh PATTIRO. Menurut Syahrir, penghargaan yang diberikan ini merupakan hasil kerja keras seluruh Pegiat PATTIRO Raya yang selama ini senantiasa bekerja dalam melakukan penelitian dan advokasi kepada pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya. “Saya bersyukur dan bangga dengan penghargaan yang diberikan oleh Universitas Pennsylvania, penghargaan ini adalah hasil kerja keras seluruh Pegiat PATTIRO Raya yang selama ini telah aktif berkontribusi dalam mendorong transparansi dan tata kelola pemerintahan yang baik di Indonesia,”ungkap Syahrir.

Selain beryukur dan bangga, Syahrir juga berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi PATTIRO untuk terus berkarya. “Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi PATTIRO untuk terus berkarya untuk kemajuan pembangunan di Indonesia,” ujar Syahrir.

Syahrir juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada lembaga pembangunan/donor dan instansi pemerintah yang telah mendukung dan bekerjasama dengan PATTIRO. “Saya mengucapkan terima kasih kepada lembaga pembangunan/donor dan instansi pemerintah yang telah bekerjasama dengan PATTIRO, penghargaan yang kami dapatkan ini tidak terlepas dari dukungan yang diberikan kepada kami selama ini”, tambah Syahrir.

Tentang The Think Tanks and Civil Societies Program (TTCSP)

Penelitian tentang peran lembaga dapur pemikiran (think tank) yang bekerja di isu pemerintahan dan masyarakat sipil di seluruh dunia dilakukan oleh Universitas Pennsylvania melalui The Think Tanks and Civil Societies Program (TTCSP). TTCSP telah mengembangkan dan memimpin serangkaian inisiatif global yang telah membantu menjembatani kesenjangan antara pengetahuan dan kebijakan seperti perdamaian dan kemanan internasional, globalisasi, ekonomi internasional, lingkungan, informasi dan masyarakat, pengentasan kemiskinan, pelayanan kesehatan global. Upaya kolaborasi internasional ini dirancang untuk membangun jaringan lembaga kebijakan regional dan internasional guna meningkatkan pembuatan kebijakan dan memperkuat institusi demokratis dan masyarakat sipil di seluruh dunia.

Terdapat 4 kategori utama think tanks pada tahun 2019 ini, yaitu Top Think Tanks berdasarkan Region; berdasarkan Area Penelitian; berdasarkan capaian khusus; dan  Top Think Tanks Dunia. Berdasarkan region dibagi dalam delapan wilayah, antara lain Amerika Tengah dan Selatan, Amerika Serikat, Eropa Barat, serta Asia Tenggara dan Pasifik. Berdasarkan area penelitian, terbagi dalam 16 area, salah satunya adalah bidang Transparansi dan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik (Top Transparency and Good Governance Think Tanks). Sedangkan untuk capaian khusus antara lain terdiri dari kampanye advokasi terbaik dan profit terbaik. Selain itu, ada juga peringkat dunia, yang pada tahun ini diraih oleh Carnegie Endowment for International Peace dari Amerika Serikat. Setelah sebelumnya selama tiga tahun berturut-turut (2016-2018) diraih oleh Brookings Institution, juga dari negara yang sama. (FM/SDU)

Untuk melihat 2019 Global Go To Think Tank Index Report dapat mengunduhnya di bawah ini.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.