Laporan Tahunan PATTIRO Tahun 2019

Juni 10, 2022

2019.PATTIRO.LAPORAN.TAHUNAN.INA_CoverTahun ini adalah tahun yang istimewa, PATTIRO berulang tahun ke-20 tahun. Kami bersyukur PATTIRO dapat eksis dan terus berupaya untuk dapat memberikan kontribusi terbaiknya di bidang tata kelola pemerintahan, khususnya di tiga fokus area, yaitu transparansi, reformasi pengelolaan keuangan publik dan akuntabilitas pelayanan publik.

Berawal dari kesamaan pandangan dengan dua orang kolega satu kantor di media ”Warta Ekonomi”, kami mengawali kerja-kerja PATTIRO dari garasi rumah di daerah Gandaria. Tanggal 17 April 1999 kami pilih sebagai hari lahir PATTIRO, kurang lebih 11 (sebelas) bulan pasca era Soeharto berakhir. Saat itu, kami melihat perlunya mengoptimalkan desentralisasi untuk membuka partisipasi warga dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dalam perjalanannya, PATTIRO menghadapi berbagai tantangan agar tetap eksis. Alhamdulillah, kami memiliki pegiat yang memiliki loyalitas dan semangat juang yang tinggi untuk terus mengembangkan PATTIRO. Tahun demi tahun kami terus berupaya mengembangkan inovasi untuk mewujudkan visi kami sebagai pusat keunggulan dalam tata kelola pemerintahan daerah (center of excellence in local governance).

Atas kerja keras kami, PATTIRO mendapatkan apresiasi dari Global Think Tank (University of Pennsylvania) untuk kategori Transparency and Good Governance dalam sembilan tahun terakhir. Selain itu, upaya kami untuk menyusun dan menyampaikan rekomendasi kebijakan telah direspons positif oleh pemerintah. Advokasi kebijakan dengan menggunakan constructive engagement kami pandang efektif untuk menyuarakan kepentingan masyarakat dalam proses penyusunan kebijakan publik.

Jika tahun kemarin kami mengulas tema perjalanan PATTIRO dalam mengembangkan inisiatif pembangunan inklusif, berkeadilan dan responsif gender, maka pada tahun ini kami mengulas tema kontribusi PATTIRO dalam mengadvokasi kebijakan lingkungan hidup dan perubahan iklim. Semoga semua upaya PATTIRO dalam mendukung adanya kebijakan yang pro lingkungan hidup dan perubahan iklim menjadi inspirasi bagi para pemangku kepentingan dan menjadi penyemangat kami untuk terus berinovasi.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kerja PATTIRO. Selamat membaca dan menelaah isi dari laporan tahunan ini.

Salam,

Syahrir Wahab

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Leave a Comment

What is 3 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)