Hasil Survei Penilaian Masyarakat terhadap Pelayanan Dasar di Kabupaten Lombok Barat

Berupaya meningkatkan kapasitas jaringan organisasi masyarakat sipil di wilayah kerjanya terutama dalam memengaruhi perumusan kebijakan penganggaran untuk perbaikan pelayananan dasar seperti di sektor pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur, dengan dukungan Kemitraan Australia Indonesia untuk Desentralisasi/The Australia Indonesia Partnership for Decentralization (AIPD), PATTIRO menjalankan Program Dukungan kepada Organisasi Masyarakat Sipil. Dalam program tersebut, PATTIRO memberikan pendampingan kepada jaringan organisasi masyarkat sipil dalam melakukan survei penilaian masyarakat terhadap pelaksanaan pelayanan dasar. Penilaian tersebut dilakukan dengan menggunakan instrumen Kartu Laporan Masyarakat/Citizen Report Card (CRC).

Survei penilaian masyarakat yang dilakukan di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat menghasilkan rekomendasi yang mengarah pada pembuatan kebijakan untuk perbaikan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hasi survei juga menunjukkan bahwa penyedia layanan perlu mempertimbangkan laporan atau keluhan warga dalam meningkatkan kualitas kinerjanya.

Untuk meningkatkan kinerja serta kualitas sumber daya manusia terutama para tenaga penyedia layanan, berdasarkan hasil survei, PATTIRO merekomendasikan agar pemerintah setempat mengefektifkan perencanaan dan pengangaran. Pemerintah Kabupaten Lombok Barat juga dapat mengevaluasi kinerja personilnya dengan menyediakan mekanisme pengaduan yang dapat mereka manfaatkan dalam melakukan perbaikan. Selain itu, pemerintah juga perlu memperketat pengawasannya serta mengefektifkan sistem penanganan keluhan warga yang sudah dikembangkan untuk memastikan bahwa para tenaga penyedia layanan telah bekerja sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditetapkan dan memberikan pelayanan yang berkualitas.

Tidak hanya masalah kualitas kinerja para penyedia layanan, hasil survei terhadap kondisi infrastruktur di wilayah Kabupaten Lombok Barat menunjukkan bahwa masyarakat menganggap jalan kampung atau jalan desa merupakan infrastruktur terburuk. Untuk itu, PATTIRO merekomendasikan agar dana Alokasi Dana Desa (ADD) digunakan untuk memperbaiki jalan desa. Hasil survei juga menunjukkan bahwa masyarakat menginginkan adanya perbaikan sarana penyediaan air bersih dan saluran irigasi. Sedangkan untuk wilayah yang sulit dijangkau, PATTIRO menilai perlu studi mendalam untuk melihat persoalan secara khusus karena hal tersebut memerlukan banyak kajian dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Untuk membaca secara lengkap hasil survei penilaian masyarakat terhadap pelayanan dasar di, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, silahkan unduh laporan survei yang dilaksanakan menggunakan instrumen CRC dengan mengklik tautan di bawah ini.

Publikasi

Publikasi Lainnya

Newsletter

Scroll to Top
Skip to content