Pengalaman dan Wilayah Kerja

Sejak berdiri pada tahun 1999, PATTIRO telah melakukan berbagai penelitian, meningkatkan kapasitas, melakukan asistensi teknis, reformasi kebijakan daerah, mengembangkan model/inovasi pelayanan publik dan partisipasi masyarakat, serta membangun kemitraan (ASEAN) dan internasional.

Bersama dengan jaringan PATTIRO Raya yang tersebar di 17 daerah, PATTIRO bekerja di 17 propinsi dan lebih dari 70 kabupaten/kota di Indonesia. Kerja-kerja yang dilakukan PATTIRO adalah melakukan pengembangan evaluasi program bantuan sosial pemerintah, membantu advokasi pemerintah untuk mendukung perencanaan dan penganggaran yang responsif gender,mendukung pengarusutamaan gender dalam program Kesehatan Ibu dan Anak, mempromosikan transparansi dan akuntabilitas penerimaan migas, membantu penguatan masyarakat untuk Kebebasan Informasi bagi Kelompok Miskin, penanggulangan kemiskinan daerah, meningkatkan kapasitas CSO dalam perencanaan, penganggaran dan pengawasan penggunaan anggaran publik.

Atas berbagai upaya riset dan advokasi kebijakan selama ini, sejak tahun 2011 hingga 2015, PATTIRO meraih penghargaan dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat sebagai salah satu lembaga think tank terbaik.