Hasil Survei Penilaian Masyarakat terhadap Pelayanan Dasar di Kabupaten Manokwari

CRC Manokwari

Untuk mendapatkan gambaran atas penilaian warga terhadap pelayanan publik yang diterima, terutama di bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur, dengan dukungan Kemitraan Australia Indonesia untuk Desentralisasi/ The Australia Indonesia Partnership for Decentralization (AIPD), PATTIRO memberikan pendampingan kepada  jaringan organisasi masyarkat sipil dalam melakukan survei penilaian masyarakat terhadap pelaksanaan pelayanan dasar  dengan menggunakan instrumen Kartu Laporan Masyarakat/ Citizen Report Card (CRC).

Hasil survei penilaian ini kemudian PATTIRO gunakan untuk merumuskan rekomendasi perbaikan layanan yang akan disampaikan kepada pemberi layanan atau pemerintah terkait. Rumusan rekomendasi tersebut akan dijadikan dasar untuk mendorong penyedia layanan dalam melakukan berbagai perbaikan kebijakan, prosedur, administrasi, dan anggaran terkait kebijakan publik.

Hasil survei penilaian masyarakat yang dilakukan di Kabupaten Manokwari, Papua Barat menunjukkan bahawa salah satu masalah yang memengaruhi rendahnya kualitas pelayanan dasar di kota tersebut adalah tingkat kehadiran petugas pelayanan, terutama para tenaga kesehatan di puskesmas yaitu hanya sebesar 19%. Untuk itu, instansi terkait harus meningkatkan pengawasan terhadap kinerja petugas unit layanan kesehatan khususnya puskesmas dan pustu agar mereka bekerja sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditetapkan. Pejabat pemerintah terkait juga perlu mengefektifkan sistem penanganan keluhan karena berdasarkan hasil survei, persepesi tindak lanjut atas keluhan masyarakat oleh unit pelayanan hanya 0.6 di unit pelayanan kesehatan dan 17.6 di pelayanan pendidikan. Terkait dengan masalah infrastruktur, masyarakat menilai bahwa yang terburuk adalah kondisi jalan desa. Berdasarkan temuan tersebut, PATTIRO pun merekomendasikan agar Pemerintah Kabupaten Manokwari mendorong masyarakat untuk memanfaatkan dana Alokasi Dana Desa (ADD), terutama ketika Undang-Undang Desa efektif berlaku.

Untuk membaca secara lengkap hasil survei penilaian masyarakat terhadap pelayanan dasar di Kabupaten Manokwari, Papua Barat silahkan unduh laporan survei yang dilaksanakan menggunakan instrumen CRC dengan mengklik tautan di bawah ini.

Publikasi

Publikasi Lainnya

Newsletter

Scroll to Top
Skip to content