Hasil Survei Penilaian Masyarakat terhadap Pelayanan Dasar di Kota Malang

CRC Malang

Dengan dukungan dari Kemitraan Australia Indonesia untuk Desentralisasi/ The Australia Indonesia Partnership for Decentralization (AIPD), PATTIRO menjalankan Program Dukungan kepada Organisasi Masyarakat Sipil. Dalam program tersebut, PATTIRO memberikan pendampingan kepada jaringan organisasi masyarkat sipil dalam melakukan survei penilaian masyarakat terhadap pelaksanaan pelayanan dasar dengan menggunakan instrumen Kartu Laporan Masyarakat/Citizen Report Card (CRC).

Survei penilaian oleh masyarakat ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran atas penilaian warga terhadap pelayanan publik yang diterima, terutama di bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Hasil survei penilaian ini kemudian PATTIRO gunakan untuk merumuskan rekomendasi perbaikan layanan yang akan disampaikan kepada pemberi layanan atau pemerintah terkait. Rumusan rekomendasi tersebut akan dijadikan dasar untuk mendorong penyedia layanan dalam melakukan berbagai perbaikan kebijakan, prosedur, administrasi, dan anggaran terkait kebijakan publik.

Hasil survei penilaian masyarakat yang dilakukan di Kota Malang, Jawa Timur menghasilkan setidaknya empat rekomendasi utama antara lain perlunya mengoptimalkan pelayanan kesehatan dan pendidikan, meningkatkan pengawasan dan mengefektifkan sistem penanganan keluhan warga, mendorong inisiatif desa untuk memperbaiki infrastruktur jalan, serta mengefektifkan anggaran untuk perbaikan layanan.

Untuk membaca secara lengkap hasil survei penilaian masyarakat terhadap pelayanan dasar di Kota Malang, Jawa Timur, silahkan unduh laporan survei yang dilaksanakan menggunakan instrumen CRC dengan mengklik tautan di bawah ini.

Publikasi

Publikasi Lainnya

Newsletter

Scroll to Top
Skip to content