9 Think Tank Indonesia Diakui Dunia; Ada CSIS, SMERU, ICW, dan PATTIRO

logoss
Berita Baru, Internasional – Lauder Institute pada Universitas Pennsylvania Amerika Serikat mengembangkan sebuah inisiatif yang mereka sebut Think Tanks and Civil Societies Program (TTCSP) untuk melakukan penilaian terhadap kinerja lembaga riset kebijakan di seluruh dunia.

Sejak tahun 2010, penilaian tersebut menghasilkan indeks lembaga think tanks secara global dengan melibatkan ratusan panelis dari seluruh dunia. Lebih dari 44.992 orang dan institusi dilibatkan dalam proses penilaian indeks sejak bulan April – Desember 2020.

Laporan terbaru mereka sebut sebagai 2020 Global Go To Think Tank Index (GGTTI), dan telah dirilis pada 30 Januari 2021 di New York dan 100 kota lain di dunia secara serentak.

Direktur TTCPS James G. McGann menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi atas dukungan yang diberikan oleh lebih dari 11.000 lembaga Think Tank, serta 3.974 akademisi, jurnalis, pembuat kebijakan, cendekiawan, eksekutif lembaga Think Tank, dan lembaga donor.

GGTTI Tahun 2020 memberikan ranking berdasarkan tiga kelompok kategori besar yaitu berdasarkan wilayah/region (8 sub-kategori), berdasarkan fokus penelitian (15 sub-kategori), dan berdasarkan prestasi khusus (20 sub-kategori).

Terdapat 37 lembaga Think Tank asal Indonesia yang ikut dinilai dalam GGTTI tahun 2020. Adapun 9 lembaga mendapatkan ranking dari berbagai sub-kategori.

Mereka adalah Centre for Strategic and International Studies (CSIS) memperoleh 5 sub-kategori, Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) mendapat 9 sub-kategori, serta Center for International Forestry Research (CIFOR) dan Indonesia Corruption Watch (ICW) masing-masing 2 sub-kategori.

Adapun Institute of National Capacity Studies (INCS), Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), SMERU Research Institute, PATTIRO dan Kemitraan masing-masing mendapatkan 1 sub-kategori.

Tabel-1

tabel-2

Untuk melihat Laporan tersebut, silakan mengunduh dari repository dibawah ini:

2020 Global Go To Think Tank Index Report

Sumber:
https://beritabaru.co/9-think-tank-indonesia-diakui-dunia-ada-csis-smeru-icw-dan-pattiro/

Berita

Berita Lainnya

Newsletter

Scroll to Top
Skip to content