Identitas Merek

Logo PATTIRO merupakan representasi dari identitas merek lembaga. Panduan ini dibuat untuk membantu pegiat PATTIRO dan pihak lain termasuk para mitra dan jaringan dalam menggunakan logo PATTIRO.

Logo yang digunakan 

PATTIRO memiliki dua jenis logo, utama dan alternatif. Logo utama terdiri dari sebuah bola dunia dengan peta Indonesia, arah mata angin, dan tulisan Pusat Telaah dan Informasi Regional dengan huruf kapital di sekelilingnya, serta tulisan PATTIRO di sampingnya. Unsur yang terdapat di logo alternatif tidak berbeda. Hanya saja, di logo alternatif PATTIRO tercantum jargon lembaga yaitu Synergy for Change. Logo dengan jargon ini disebut alternatif karena sewaktu-waktu jargon dapat berubah.

Di bawah ini adalah beberapa logo yang PATTIRO gunakan.
Branding Logo Utama
Branding Logo Alternatif

 

Sisi Tepi Logo

Dalam penggunaan logo PATTIRO, jarak minimum dari logo ke bagian tepi media yang dicetak juga harus diperhatikan. Tujuannya agar logo terlihat lebih menonjol. Ukuran minimum dari logo ke bagian tepi adalah 1 centimeter (x).

Aturan Jarak

Warna 

Warna yang digunakan pada logo utama PATTIRO adalah biru. Namun, logo tersebut dapat juga digunakan dengan versi hitam dan putih. Spesifikasi warna logo adalah sebagai berikut.

color

Huruf

Selain warna, tipe huruf yang digunakan harus diperhatikan. Tipe huruf yang digunakan untuk tulisan PATTIRO adalah Eras Bold sedangkan jargon organisasi ditulis menggunakan jenis huruf Constantia Italic.

Huruf

Penggunaan Logo

Untuk memastikan keterbacaan logo, pegiat atau pihak lain harus memperhatikan warga latar belakang yang digunakan agar logo dapat terlihat dengan jelas.

Penggunaan logo 2
Penggunaan Logo yang Tidak Sesuai

Untuk mempertahankan identitas logo PATTIRO dan mempromosikan citra merek yang konsisten, maka logo harus tetap serta tidak berubah. Logo harus selalu dianggap sebagai salah satu elemen grafis dari huruf sebagai individu, dan karenanya harus tetap utuh. Berikut adalah penjelasan mengenai hal yang tidak diperbolehkan dalam menggunakan logo PATTIRO.

Incorrect Logo Usage

Seluruh logo PATTIRO baik itu logo utama, logo alternatif,  maupun logo dengan warna hitam dan putih dapat diunduh dengan mengklik tautan di bawah ini.
Logo Berlatar Belakang Transparan
Logo Utama Unduh Unduh
Logo Utama – Putih Unduh Unduh
Logo Utama – Hitam Unduh Unduh
Logo Alternatif Unduh Unduh
Logo Alternatif – Putih Unduh Unduh
Logo Alternatif – Hitam Unduh Unduh