Training Perhitungan DBH Migas dan EITI di Tingkat Subnasional

Training Perhitungan DBH Migas dan EITI

PATTIRO bersama LPAW Blora menyelenggarakan training dalam melakukan perhitungan dan proyeksi Dana Bagi Hasil (DBH) yang diperoleh dari industri ekstraktif Minyak dan Gas Bumi. Training yang berlangsung sehari penuh ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai aliran penerimaan (flow of revenue), alur perhitungan dan proyeksi penerimaan baik dari perusahaan ke pemerintah pusat, maupun dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Training yang difasilitasi oleh Maryati Abdullah (Anggota Tim Transparansi EITI Indonesia) ini memberikan pemahaman dasar mengenai alur perhitungan dan variable-variable penting yang terkait dalam perhitungan penerimaan Migas, seperti lifting, First Trance Petroleum (FTP), Cost Recovery, Entitlement, DMO, Pajak Migas, Over/under lifting, bonus tanda tangan, bonus produksi dan aspek Dana Bagi Hasil (DBH) Migas itu sendiri.

Training yang berlangsung 8 November 2011 ini diikuti oleh Tim Transparansi Blora, aparat Pemerintah Daerah, BUMD, anggota DPRD dan pegiat Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) di tingkat lokal Kabupaten Blora. Di dalam training ini juga didiskusikan mengenai format laporan EITI untuk Migas di level subnasional yang rencananya akan diterapkan dalam putaran kedua laporan EITI di Indonesia.  Pak Triyanto, salah satu peserta dari Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Pemda Blora mengatakan “Menurut saya training seperti ini sangat bermanfaat, karena selama ini jika saya mengikuti forum rekonsiliasi DBH di pemerintah pusat, kelihatannya datanya sederhana, setelah tahu alur perhitungannya ternyata banyak juga ya data-data yang mempengaruhi perhitungan penerimaan Migas ini”.

Training ini diakhiri dengan rencana kerja Tim Transparansi untuk membuat proyeksi penerimaan Migas Kabupaten Blora baik dari DBH SDA Migas maupun dari dana bagi hasil penyertaan modal (participating interest) Pemda Blora. Blora merupakan salah satu kabupaten yang termasuk dalam wilayah operasi Blok Cepu, yang dioperatori oleh Mobile Cepu Limited/MCL-anak perusahaan Exxon Mobil.

Berita

Berita Lainnya

Newsletter

Scroll to Top
Skip to content