Pembicaraan Tingkat Tinggi pasca-2015 dimulai di Bali

[Denpasar, 25 March 2014]

Panel Tingkat Tinggi PBB yang keempat tentang Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) Pasca-2015 dimulai Senin di Bali, dengan fokus pada aspek global agenda, serta implementasinya.

Lima kelompok pemangku kepentingan — Forum Global Akademik dan Riset, Forum Sektor Publik, Forum Komunitas Bisnis, Forum Global Masyarakat Sipil (CSO) dan Forum Konsultasi Multi Pemangku Kepemudaan — akan memberikan suara dalam diskusi Hari Konsultasi Pemangku Kepentingan dan bertujuan untuk membahas prioritas lintas pemangku kepentingan utama.

Forum Global CSO, yang melibatkan sekitar 300 perwakilan dari masyarakat sipil di seluruh dunia, bertemu dalam dua hari terakhir dan mendiskusikan strategi dan konsep yang akan mereka presentasikan pada pembicaraan panel.

Mereka menyimpulkan bahwa panel harus mengatasi masalah ketimpangan dalam semua aspek kehidupan selama pertemuan Panel Tingkat Tinggi Pasca MDGs karena kemajuan pembangunan manusia yang tidak merata tetap ada, meskipun MDGs telah berhasil mengurangi kemiskinan.

ASEAN telah melihat jumlah orang yang hidup dengan kurang dari US$1,25 per hari menurun menjadi di bawah 20 persen dari 45 persen dari total populasi pada tahun 1990. Pada tahun 2010, satu dari 34 anak di Asia Tenggara meninggal sebelum ulang tahun kelima mereka sedangkan pada tahun 1990, jumlahnya adalah satu dari 14 anak.

Di bawah MDGs, 600 juta orang telah terangkat dari kemiskinan, 56 juta lebih banyak anak dapat bersekolah, dan 14.000 lebih sedikit anak yang meninggal karena penyakit yang dapat dicegah.

“Memang MDGs berhasil mengurangi kemiskinan, misalnya di Indonesia. Ketimpangan tetap ada dalam banyak aspek pembangunan manusia seperti kesenjangan antara akses kesehatan di Jakarta dan di Papua,” kata Dian Kartikasari dari Koalisi Perempuan Indonesia untuk Keadilan dan Demokrasi kepada The Jakarta Post pada hari Minggu.

Ada juga perbedaan akses bagi penyandang disabilitas atau akses ke layanan publik di negara maju dan berkembang, tambahnya.

Michel Anglade, Direktur Kampanye dan Advokasi Save the Children’s Asia Regional Office mengatakan, angka yang menunjukkan peningkatan pembangunan manusia di dunia tidak menjamin akses yang sama untuk semua.

“Ketika Anda berhenti mengacu pada data, Anda dapat melihat bahwa, misalnya, masyarakat adat atau orang-orang yang didiskriminasi, biasanya tingkat perkembangan seperti itu gagal pada orang-orang ini, bahkan jika MDG dibuat rata-rata. tingkat, Anda dapat melihat bahwa orang-orang ini tertinggal, ”katanya.

Kerangka baru harus memiliki target mencakup semua segmen populasi, tambahnya.

CSO juga mendesak panel untuk menangani lebih banyak cara implementasi dan kemitraan global, yang telah dijadwalkan untuk dibahas.

Mickael Hoelman dari Yayasan Tifa berkata bahwa para pemimpin harus menyadari pentingnya memiliki pondasi arsitektur yang benar sebelum mereka memulai implementasi:

“Apakah arsitektur memberikan peluang yang sama untuk negara-negara kurang berkembang atau tidak – panel besok perlu membahasnya.”

Pertemuan panelis dijadwalkan Selasa, sebelum pertemuan co-chairs dan panelis pada Rabu yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf.

Sumber: Ina Parlina.
https://www.thejakartapost.com/news/2013/03/25/post-2015-high-level-talks-kick-bali.html

Berita

Berita Lainnya

Newsletter

Scroll to Top
Skip to content