PATTIRO Penerapan Anggaran Responsif Gender akan Mengakselerasi Pencapaian Target MDGs 2015

November 20, 2013

jp2PATTIRO mengatakan pelaksanaan anggaran responsif gender ( ARG ) akan mempercepat kemajuan dalam pencapaian Millenium Development Goals ( MDGs ) pada tahun 2015 .

ARG adalah mekanisme penganggaran yang melibatkan pria dan wanita secara bersamaan untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahap proses anggaran untuk memastikan kepentingan kedua jenis kelamin sama-sama terpenuhi .

” ARG akan memberikan pemerintah kesempatan untuk memahami fokus kegiatan pembiayaan untuk finansial – terpinggirkan dan kurang beruntung kelompok orang , ” kata Sad Dian dari PATTIRO dalam releasenya untuk The Jakarta Post pada hari Selasa.

Lebih lanjut Sad Dian mengatakan, implementasi ARG dalam proses penganggaran akan jelas mengungkapkan area fokus yang akan diintervensi oleh pemerintah menggunakan program kerja MDGs. Dengan proses penganggaran, semua program diharapkan akan memenuhi kebutuhan setelah diidentifikasi dan target yang ditentukan.

Dengan kurang dari dua tahun lagi sampai batas waktu 2015, ada kemungkinan bahwa pemerintah akan kehilangan beberapa target MDGs, termasuk untuk mengurangi angka kematian ibu .

Hasil Survey Demografi dan Kesehatan (SDKI) tahun 2012 yang diadakan oleh Badan Pusat Statitistik (BPS), Kemeterian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebutkan, angka kematian ibu (AKI) saat melahirkan pada tahun 2012 mencapai 349 per 100.000 kelahiran hidup dan angka ini meningkat tajam dari tahun 2007 yang mencapai 228 per 100.000 kelahiran hidup. Pemerintah menargetkan penurunan AKI menjadi 102 per 100.000 kelahiran hidup untuk memenuhi target MDGs pada tahun 2015 .

Sad Dian mengatakan mekanisme penganggaran yang responsif gender akan membuat  pemerintah  dengan jelas menentukan, misalnya, program kesehatan ibu dan bayi dan sehingga bisa berjalan efektif .

” Sangat penting bagi pemerintah untuk menjamin ketersediaan data yang valid , ” katanya . (dikutip dari http://www.thejakartapost.com/news/2013/11/19/gender-responsive-budgeting-accelerates-progress-toward-achieving-mdgs-watchdog.html)

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.