Meminta Informasi, Warga Manokwari Dapatkan Kepastian Jadwal Puskesmas

Desember 3, 2013

mkn1 Warga tengah mendapatkan pelayanan Puskesmas di Distrik Pasir Putih Manokwari Papua Barat

Permintaan informasi oleh kelompok warga yang diwakili oleh Agustina Salosa kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari Papua Barattentang jadwal pelayanan Puskesmas membuahkan hasil.

Delapan hari setelah permintaan informasi diajukan, petugas dari Dinas Kesehatan memberikan dokumen yang diminta secara langsung. Dokumen tersebut berupa Surat Edaran yang Kepala Dinas Kesehatan kepada seluruh Kepala Puskesmas tertanggal 3 Oktober 2012 tentang Jadwal Pelayanan. Dalam surat edaran tersebut dinyatakan bahwa jadwal pelayanan Puskesmas diselenggarakan mulai pukul 08.00 hingga 13.00 setiap hari kerja Senin-Sabtu.

Dalam kesempatan penyerahan dokumen tersebut, warga dipersilakan berdialog dengan pihak Dinas yang diwakili oleh Sub Bagian Program Evaluasi dan Pelaporan Harsono. Dinas menyampaikan apresiasi kepada warga yang telah menyampaikan permohonan informasi. Dengan demikian Dinas merasa terbantu untuk melakukan monitoring terhadap pelaksanaan pelayanan Puskesmas.

“Dari pertemuan tersebut kami dapat menyimpulkan bahwa PPID di internal Dinas Kesehatan paham dengan tugas dan fungsinya, dan serius bekerja memberikan pelayanan informasi,” ungkap Rosa, salah satu pegiat community center Manokwari.

Setelah mendapatkan dokumen yang diinginkan, Agustina Salosa bersama anggota warga lainnya kemudian melakukan pengecekan langsung ke Puskesmas di distriknya, yakni Distrik Pasir Putih. Mereka hendak melakukan verifikasi, apakah pihak Puskesmas telah mendapatkan surat edaran tentang jadwal pelayanan. Sebelum bertemu langsung dengan Kepala Puskesmas, Agustina dkk sengaja melihat langsung papan pengumuman. Betapa girang hati mereka, ternyata di papan pengumuman telah terpasang jadwal pelayanan sebagaimana yang dinyatakan dalam Surat Edaran Dinas. Dengan demikian maka warga menjadi tahu jadwal pelayanan yang sebenarnya.

mkn2 Surat Edaran Dinas Kesehatan Manokwari yang berisi jadwal pelayanan Puskesmas di Manokwari

“Iya, kami memang diinstruksikan lagi untuk lebih serius lagi melayani warga dengan mematuhi jadwal yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan,” demikian pernyataan Ayub Inyomusi, Kepala Puskesmas Pasir Putih ketika ditemui warga.

Dengan jadwal pelayanan yang lebih pasti, masyarakat jadi lebih terjamin ketika hendak berobat di Puskesmas.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.