Pelatihan Merancang Citizen Budget Melalui Poster APBD yang User Friendly

Juni 28, 2013

APBD1-hiSelama ini, belum banyak Pemerintah Daerah mensosialisasikan APBD sebagai bentuk transparansi anggaran. Padahal, mensosialisaikan APBD kepada masyarakat menjadi kewajiban Pemerintah Daerah  sebagaimana yang diamanahkan dalam Permendagri 59 tahun 2007 pasal 116 tentang pengelolaan APBD. Masih banyak Pemda yang memilki paradigma bahwa APBD adalah dokumen rahasia negara, namun di beberapa daerah paradigma ini telah mulai berubah dengan adanya UU No. 14 tahun 2008 tentang Kebebasan Informasi Publik.

Sebagai upaya mendorong transparansi anggaran di daerah serta memberikan informasi anggaran yang mudah dipahami oleh masyarakat, PATTIRO melalui Program Dukungan kepada CSO yang didukung oleh AIPD menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Publikasi APBD yang ramah pengguna. Pelatihan ini telah diselenggarakan di 3 provinsi, yakni NTB, NTT, dan Papua Barat. Dalam waktu dekat pelatihan ini akan diselenggarakan juga di dua provnsi lainnya, yaitu Papua dan Jawa Timur.

Pelatihan ini memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada Jaringan CSO dan Pemda tentang bagaimana membuat citizen budget yang berisi informasi anggaran yang mudah dipahami oleh warga. Citizen Budget yang akan dibuat oleh jaringan CSO adalah dalam bentuk poster dan buku saku APBD.

apbdPembuatan poster dan buku saku APBD oleh jaringan CSO merupakan langkah awal untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas anggaran daerah, diharapkan kedepan publikasi APBD ini direplikasi oleh Pemerintah Daerah.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.