Dialog RRI Kelompok Masyarakat Manokwari Tentang Keterbukaan Informasi

Oktober 30, 2013

dialog-interaktif-cc-manokwariKelompok masyarakat atau community center (CC) di Kabupaten Manokwari Papua Barat mulai berinisiatif memanfaatkan media massa untuk mensosialisasikan gagasan dan aktivitas mereka. Sosialisasi ini dilakukan agar semakin banyak warga yang terlibat dalam gerakan keterbukaan informasi dan partisipasi demi perbaikan pelayanan publik.

Pada 14 Oktober lalu, CC Kabupaten Manokwari menggelar dialog interaktif radio di RRI setempat. Dalam kesempatan tersebut hadir Herman Rona sebagai pembicara mewakili CC, anggota CC Syamsuddin, dan Alice Bonggoibo, serta perwakilan dari AIPD-AusAID Paul Harry.

Pada dialog yang digelar mulai pukul 10.00 hingga 11.00 WIT itu perwakilan CC menceritakan pengalamannya melakukan permintaan informasi kepada berbagai dinas di Manokwari, agar masyarakat mengetahui kinerja dinas terkait dalam menyediakan pelayanan publik. Salah satu yang disampaikan adalah pengalaman CC meminta informasi kepada Dinas Kesehatan tentang jadwal pelayanan Puskesmas, yang dinilai masyarakat masih belum memuaskan. Informasi yang diminta tersebut nantinya akan ditempel di Puskesmas agar masyarakat dapat melihatnya, sehingga petugas Puskesmas patuh terhadap jadwal tersebut.

Lebih lanjut dikemukakan perwakilan CC, aktivitas yang dilakukan masyarakat tidak bermaksud untuk menghambat kinerja pemerintah. Aktivitas yang dilakukan semata-mata agar terjadi keterbukaan informasi dalam pelayanan publik agar tidak terjadi kebingungan di masyarakat. Disampaikan juga bahwa hak masyarakat atas informasi dijamin oleh Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Aktivitas masyarakat dalam meminta keterbukaan juga dimaksudkan agar terjadi dialog yang sehat antara masyarakat dan pemerintah, sehingga pelaksanaan pelayanan publik pada khususnya, serta kebijakan pembangunan pada umumnya berjalan sesuai harapan masyarakat.

Selain radio, CC juga akan memanfaatkan media audiovisual untuk terus mensosialisasikan gagasan-gagasan mereka. Dalam waktu dekat mereka akan melakukan produksi video dokumenter sederhana, agar apa yang dilakukan dapat menginsipirasi warga lainnya.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

{ 1 comment }

mursidin Oktober 30, 2013 pukul 7:12 pm

ingin bergabung

Comments on this entry are closed.