Seri Keterbukaan Informasi: Modul Penguatan Kapasitas Masyarakat Dalam Mengakses Informasi

Pebruari 10, 2014

kpModul ini disusun sebagai panduan atau referensi bagi pihak-pihak yang akan menyelenggarakan pelatihan penguatan kapasitas warga masyarakat dalam mengakses informasi kepada Badan Publik. Warga masyarakat kemudian mampu memperoleh informasi yang dibutuhkannya dan di sisi lain mampu mendorong perbaikan kualitas pelayanan publik sehingga hak-hak dasar mereka sebagai warga negara dapat terpenuhi.

Link Download Modul Penguatan Kapasitas Masyarakat  via google drive klik di sini

Modul ini dirancang untuk pelatihan selama dua sampai tiga hari dengan materi yang terdiri dari 10 sesi. Dalam modul ini terdapat perbedaan metode pembelajaran pada setiap sesinya, tergantung pada tujuan yang ingin dicapai di sesi itu.

Beberapa sesi dari modul ini adalah mempelajari mekanisme yang harus dilakukan oleh warga masyarakat untuk memperoleh informasi dari Badan Publik.

Membahas materi tentang mekanisme pengajuan sengketa kepada Komisi Informasi jika informasi yang diminta warga masyarakat tidak dipenuhi oleh Badan Publik.

Membahas strategi advokasi yang mesti dilakukan oleh warga masyarakat agar berhasil menuntut keterbukaan informasi. Dalam sesi ini juga dibahas berbagai kemungkinan risiko yang muncul akibat dari tuntutan keterbukaan informasi beserta antisipasi mengatasinya.
Secara khusus juga membahas mekanisme pengorganisasian warga masyarakat sebagai bagian dari strategi advokasi keterbukaan informasi.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.