Laporan Tahunan PATTIRO Tahun 2016

November 22, 2017

2016.PATTIRO_Laporan-Tahunan-INA-CoverPada tahun 2016 ini, PATTIRO telah mencapai usianya yang ke-17. Sweet seventeen, usia yang dipandang menjadi pertanda mulai menapaki usia dewasa yang dapat dimaknai PATTIRO akan semakin produktif untuk memberikan kontribusinya bagi kemajuan Indonesia sesuai dengan perannya sebagai think tank yang memiliki fokus pada tiga area, yaitu transparansi, pengelolaan keuangan publik dan akuntabilitas pelayanan publik.

Pada tahun ini pula kami melakukan review atas capaian Renstra 2012-2018 yang telah dilaksanakan di tiga tahun pertama (Februari 2012- Februari 2016). Hasil review selanjutkan digunakan untuk menyusun Renstra tahap kedua (2016-2018), Di akhir 2016, kami telah melakukan proses pergantian Direktur, dari Sad Dian Utomo yang digantikan oleh Maya Rostanty. Istilah Direktur (bukan Direktur Eksekutif) merujuk pada kondisi Ketua Badan Pengurus sekaligus menjabat sebagai Pelaksana Harian. Maya Rostanty merupakan Direktur perempuan yang kedua, setelah pada tahun 2006-2008 PATTIRO dipimpin oleh Dini Mentari. Hal ini menunjukkan bagaimana kami berkomitmen untuk mempromosikan kesetaraan gender. Dengan demikian, sejak didirikan sejak 1999, PATTIRO telah mengalami lima kali pergantian Direktur.

Kami bersyukur proses pergantian kepemimpinan PATTIRO berjalan dengan lancar dan ada kesinambungan antar Direktur dengan mengacu pada Rencana Strategis PATTIRO. Besar harapan saya, Direktur baru membawa PATTIRO untuk lebih produktif di dalam menghasilkan inovasi-inovasi untuk kemajuan Indonesia.

Merespons dinamika nasional, yang mana merupakan tahun kedua implementasi RPJMN 2015-2019 dari Presiden Joko Widodo sekaligus merupakan tahun kedua pelaksanaan dari UU Desa, PATTIRO berkontribusi dengan melaksanakan beberapa program di isu Desa. Akhir kata, PATTIRO menyampaikan terima kasih kepada mitra kerja, yaitu Result for Development, APIK USAID, The Asia Foundation dan Institute of Development Studies (IDS) serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Semoga semangat kebersamaan dan kerjasama yang telah dibangun dapat terus berlangsung dan meningkat pada tahun-tahun mendatang.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppPrint

Comments on this entry are closed.